Beranda Redaksi Laporan Utama Membedakan Buah Masak Alami dan Buatan

Membedakan Buah Masak Alami dan Buatan

126
0
BERBAGI

Kita pasti pernah makan buah mangga yang rasanya kurang manis, padahal dari segi tampilan kulitnya sudah kuning? Jika iya, mungkin mangga yang kamu makan adalah mangga hasil dari proses pengarbitan. Buah yang matang dengan proses pengarbitan biasanya dipetik pada saat masih muda (bukan matang di pohon). Karbit atau kalsium karbida merupakan senyawa kimia yang bisa menghasilkan gas asetelin bila bereaksi dengan uap air di udara.

Mungkin kita tidak bisa menghentikan ulah para petani dalam mempercepat kematangan buah, atau merubah cara mereka dalam bertani. Akan tetapi yang bisa dilakukan adalah menjaga diri Anda sendiri dengan tetap waspada terhadap kandungan kimia yang ada pada tanaman, sehingga manfaat dari buah  untuk kesehatan tubuh Anda tetap bisa dinikmati bersama. Berikut ini beberapa tips jitu dari pedagang buah cara mengetahui buah yang masak alami dan buatan.

Nurmala (28)

Buah yang matang karena karbit, biasanya punya warna yang lebih pucat. Kalau buah yang matang secara alami, warnanya lebih cerah, dan aroma buah yang matang. Karena karbit tidak akan sekuat aroma buah yang matang secara alami. Kalau buah yang matang, secara alami akan punya daging buah yang lebih lunak. Buah yang di karbit biasanya punya tekstur buah yang belum matang, biasanya buah yang di karbit akan lebih cepat busuk.

Contohnya membedakan pisang alami dan non alami, dari Penampilan kulit pisang yang sengaja dimatangkan umumnya tidak memiliki tanda kematangan dari pisang itu sendiri yakni bintik pisang. Dari aromanya pisang yang sengaja dimatangkan, aromanya akan tercium bau kimia. Sedangkan dari rasa pisang yang matang alami akan matang secara merata, sedangkan pisang yang sengaja dimatangkan tengahnya terasa keras.a

Budi (30)

Buah yang sudah matang di pohon biasanya memiliki bentuk yang padat dan penuh, terutama di bagian ujungnya. Selain itu, kulit buah yang matang alami biasanya akan dipenuhi dengan (seperti) bedak. Semakin banyak bedak di kulit mangga, berarti buah mangga semakin tua. Buah yang sudah matang biasanya memiliki tekstur yang lembut ketika ditekan. Jangan pilih mangga yang keras ketika ditekan, karena artinya buah mangga belum matang.

Sebaliknya, jika mangga terasa sangat lembek ketika ditekan, itu artinya buah mangga sudah terlalu matang. Tangkai di bagian atas bisa jadi salah satu tanda buah mangga sudah matang atau belum. Pilih buah mangga yang ujung tangkainya berwarna kekuningan. Jangan pilih yang layu ataupun kering mengitam. (**)