Beranda Fiqih Konsultasi Ibadah Konsultasi Ibadah Edisi Mei 2019

Konsultasi Ibadah Edisi Mei 2019

43
0
BERBAGI
tanya ustadz

Ustad ada hadits yang mengatakan bahwa sebaik-baik shaf perempuan adalah yang paling belakang, itu maksudnya apa ya ? Apakah berarti para wanita yang paling terlambat datang ke masjid adalah yang paling baik karena mendapatkan shaf yang paling belakang ?

HA

Hadis yang anda maksudkan adalah sebagai berikut :

Sebaik-baik shaf laki-laki adalah yang pertama dan seburuk-buruknya adalah yang terakhir. Sebaik-baik shaf wanita adalah yang terakhir dan seburuk-buruknya adalah yang pertama.” (Muslim, 440).

Perlu saya jelaskan bahwa dalam setiap ibadah itu ada poin-poin yang mana Allah memberikan keutamaan tersendiri. Sebagai contoh bahwa sebaik-baik sholat wanita adalah dirumahnya, maka disini maksudnya sholat seorang wanita dirumah dengan di masjid tentu lebih baik di rumahnya, berapa nilai kebaikannya ? Tentu hanya Allah yang mengetahuinya.

Akan tetapi bukan berarti wanita yang sholat di masjid tidak mendapat keutamaan lain, meskipun sholatnya dirumah lebih afdhal akan tetapi jika ia sholat dimasjid maka akan mendapatkan ke afdhalan yang lain, seperti keutamaan sholat jamaah, keutamaan jalan ke masjid, keutamaan sholat tahiyatul masjid, keutamaan syiar, dan yang lain. Itulah sebabnya para suami tidak boleh melarang istrinya sholat berjamaah di masjid, karena mengharap keutamannya.

“Janganlah kalian melarang mereka untuk berada di dalam masjid jika mereka minta izin kepada kalian. (Muslim)

Hal yang sama terjadi pada hadis shaf diatas. Yang dimaksud dengan hadis diatas oleh para ulama dikatakan sebagai penjagaan diri. Maksudnya bila dalam suatu masjid tidak ada pembatas antara shaf lelaki dan wwanita, maka sebaik-baik shaf wanita adalah yang paling belakang. Kenapa demikian ? Hal ini dikarenakan shaf yang paling belakang adalah yang paling jauh kedekatannya dengan shaf lelaki, ini berarti shaf yang paling belakang adalah yang paling terjaga dari kemungkinan fitnah.

Akan tetapi tidak kemudian shaf menjadi tolak ukur semua hal lebih utama, tidak demikian. Adalah benar masalah shaf yang paling belakang yang paling utama, akan tetapi dari sisi yang lebih dulu datang ke masjid tentu lebih utama dari sisi awal kedatangannya, meskipun shafnya di depan. Dari sisi bersegeranya ia menyambut panggilan azan tentu lebih utama meski shafnya di depan. Bahkan menurut para ulama hukum shaf paling belakang bisa dikalahkan keutamannya dari shaf yang didepan apabila antara shaf lelaki dan wanita ada pembatasnya.


Ustad saya punya uang 10 juta lalu saya ambil zakatnya 2,5%, bisakah itu dihitung sebagai zakat ? Dan apakah boleh saya bagi-bagi kepada banyak orang ?  

08572694…

Saya masih belum paham tentang uang 10 juta ini, karena harta atau uang yang dizakati itu harus sudah mencapai nishab, yaitu setara 90 gram emas atau sekitar 55 juta. Jadi jika anda mempunyai uang 55 juta dan sudah mengendap selama setahun, maka barulah wajib dizakati.

Jika diukur dari nishab maka uang 10 juta belum tercapai nishab, jadi anda tidak perlu berrzakat dengan uang tersebut. Akan tetapi anda boleh bersedekah dengan uang tersebut. Meskipun niat zakat anda itu tidak tepat, insyaallah akan tetap dicatat sebagai sedekah yang banyak pahalanya.


Ustad saya ingin ikut suami sholat jamaah di masjid, akan tetapi saya masih punya balita, apakah boleh saya membawa balita saya itu untuk sholat jamaah di masjid ? Soalnya ada sebagian masjid yang melarang tentang hal itu dengan alasan mengganggu jamaah yang lain.

08190359…

Pada dasarnya tidak ada larangan membawa balita ke masjid sepanjang terjaga dari ompolnya dan gangguan kerasnya tangisannya. Jika anda tidak paham tentang sholat sehingga tidak bisa menjaga ompol dan tangisan kerasnya, sebaiknya jangan anda bawa dulu ke masjid, karena bisa mengganggu kekhusyu’an jamaah lain. Boleh jadi ada yang berpendapat berbeda, akan tetapi adalah kenyataan bahwa tangisan bayi itu menganggu sholat jamaah.

Saya menyarankan jika anda ingin membawanya ke masjid, pastikan dulu anda memakaikan pempers dengan baik. Yang kedua kenyangkan lebih dahulu si bayi, dan ketiga nyamankan pakaiannya, karena bayi itu peka dengan gerah dan kedinginan. Dan jika di tengah sholat bayi anda menangis, maka angkatlah dan timang-timanglah, tak perlu anda membatalkan sholat karena menggendong bayi tidak membatalkan sholat.

Akan tetapi jika ia sudah digeendong dan ditimang ia tetap menangis dan sekamin keras yangmengganggu jamaah lain, amka batalkan sholat anda dan susuilah ia. Setelah ia diam dan teang kembalilah anda sholat.


Pak ustad mau tanya, bolehkah uang zakat saya kurangi untuk beli kambing kurban ?

08122712…

Zakat dan kurban merupakan amalan atau ibadah yang berbeda, meskipun pemanfaatannya sama-sama untuk fakir miskin. Zakat fungsinya untuk menyucikan harta kita sedangkan kurban fungsinya untuk ibrah perjuangan Nabi Ibrahim as. terhadap ketaatannya kepada Allah dan perjuangannya menegakkan kalimat Allah. Jadi keduanya mempunyai fungsi yang berbeda, tidak bisa digabungkan. Maka dari itu tidak boleh uang zakat anda kurangi uytuk membeli hewan kurban. Anda boleh menghutang sebentar uang zakat tetapi harus segera dikembalikan.


Pak ustad, sebenarnya saya ingin segera membayar hutang puasa karena haid, tetapi saya juga ingin berpuasa syawal, jika demikian mana yang harus saya dahulukan, mengqadha puasa atau puasa syawal ?

08132618….

Saya cukupkan anda membaca fatwa syaikh Utsaimin tentang hal itu :

“Jika seorang wanita memiliki utang puasa ramadhan, maka dia tidak boleh puasa syawal kecuali setelah selesai qadha. Hal itu dikarenakan orang yang masih memiliki utang puasa ramadhan belum disebut telah berpuasa ramadhan. Sehingga jika dia berpuasa 6 hari syawal sebelum sempurna puasa Ramadhannya, ia tidak mendapatkan pahala puasa 6 hari di bulan syawal, kecuali setelah selesai qadha. (Majmu’ Fatawa, 19/20).

BERBAGI
Artikel sebelumyaMenghujat Ala Medsos
Artikel berikutnyaDemam Tipes
Selaras Media merupakan media yang menyediakan informasi mengenai kesehatan dan tentang syariat islam. Memberikan fasilitas bagi pelanggannya berupa konsultasi dokter dan konsultasi ustad melalui telepon yang bersifat gratis dan bebas pulsa.