Beranda Info Sehat Waspada Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Mata

Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Mata

123
0
BERBAGI

Mata adalah organ yang paling penting di antara indera lainnya. Hal ini karena 80 persen yang kita lihat dan pahami berasal dari mata. Saraf optik dari mata menerima sinyal cahaya dari luar dan mengirimkannya ke bagian otak sebagai impuls yang menghasilkan penglihatan.

Kita dapat melihat benda-benda atau apapun yang ada di sekitar karena kondisi mata kita yang sehat. Namun, sewaktu-waktu kesehatan mata kita bisa berubah dan menjadi tidak sehat lagi. Berikut ini kebiasaan yang bisa membuat mata kita menjadi rusak, yang dirangkum dari berbagai sumber.

  1. Membaca Sambil Tiduran

Membaca sambil tiduran memang menyenangkan dan sangat santai. Namun, membaca dengan cara seperti itu membuat kita susah mengatur jarak mata yang baik dengan buku. Ini dapat menyebabkan mata pegal dan lelah, yang akhirnya bisa merusak mata.

  1. Membaca dengan Cahaya yang Redup

Saat kita membaca di bawah cahaya yang redup atau tidak terlalu terang, mata akan cepat lelah. Ini karena lensa mata kita dipaksa untuk menebal atau menipis serta pupil mata dipaksa mengembang. Jika ini terus menerus kita lakukan, maka mata kita cepat rusak. Sebaliknya, jika membaca di bawah cahaya yang terlalu terang juga tidak baik karena dapat menyilaukan mata.

  1. Lensa Kontak yang Tidak Bersih

Sebagian orang lebih suka menggunakan lensa kontak dari pada kacamata. Namun, sering kali mereka lupa dan malas untuk menjaga kebersihan lensa kontak yang dipakai. Lensa kontak yang kotor membuat mata iritasi serta mata merah.

  1. Mengucek Mata

Mengucek mata terkadang kita lakukan tanpa sadar. Biasanya dilakukan saat mata terasa gatal. Padahal, mengucek mata ternyata dapat merusak lapisan kornea. Tidak hanya itu, bisa juga menyebabkan pembuluh darah yang ada di mata menjadi terganggu serta menyebabkan timbulnya kerutan halus di sekitar mata.

  1. Melihat Layar Komputer dan Smartphone Terlalu Lama

Layar komputer dan gadget memancarkan radiasi yang sangat berbahaya bagi mata kita.Ini bisa membuat mata kelelahan, gangguan mata, atau penyakit mata lainnya.Memandang terlalu lama pada layar komputer atau smartphone dapat mengurangi frekuensi mata kita berkedip, dan akhirnya mata pun menjadi kering. (**)