Beranda Konsumsi The Good And The Bad 5 Makan Mengatasi Darah Rendah

5 Makan Mengatasi Darah Rendah

136
0
BERBAGI

Dikutip dari Health Me Up, berikut ini lima makanan terbaik mengatasi tekanan darah rendah atau hipotensi.

  1. Kacang kacangan

Penelitian di Harvard Heart Letter merekomendasikan untuk memakan kacang kacangan karena dapat meningkatkan tekanan darah. Kacang kacangan dapat dicerna secara perlahan oleh sistem pencernaan.

  1. Air mineral

Dehidrasi terjadi ketika jumlah cairan di tubuh berkurang dan tidak diganti oleh cairan lain. Berkurangnya jumlah cairan di tubuh turut mempengaruhi nilai tekanan darah, karenanya salah satu cara menaikkan tekanan darah adalah dengan mengonsumsi air.

  1. Bayam

Sayuran ini mengandung serat tinggi dan zat besi yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi harian bagi penderita darah rendah, mengkonsumsinya setiap hari dan sering daapat menaikkan tekanan darah menjadi lebih normal.

  1. Daging ayam

Daging ayam mengandung protein hewani yang bisa meningkatkan tekanan darah. Tubuh membutuhkan protein untuk membangun sel, termasuk sel dalam pembuluh darah.

  1. Roti, Havermut, dan Sereal

Makanan ini memberikan 20 persen zat besi jika kita mengonsumsinya setiap hari. Gandum juga mempunyai banyak kandungan zat besi yang mengurangi risiko terkena risiko tekanan darah rendah.

Pantangan  

  1. Makanan yang digoreng atau berminyak

Mengonsumsi makanan yang digoreng atau mengandung kadar minyak yang tinggi dapat memengaruhi tekanan darah dan tidak baik untuk kesehatan tubuh.

  1. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji mengandung lemak jenuh dan kolesterol jahat yang dapat menyumbat dan membuat aliran darah menjadi tidak lancar.

  1. Makanan pedas

Makanan pedas dapat menggerus dan melukai lambung dan menyebabkan kurangnya nafsu makan.

  1. Makanan tinggi karbohidrat

Makanan berkarbohidrat tinggi, seperti nasi, kentang, dan roti bersifat menekan rasa lapar, sehingga menyebabkan tekanan darah menurun.

  1. Hindari mengonsumsi alkohol

Alkohol memiliki efek diuretik yaitu yang menyebabkan konsumennya menjadi sering buang air kecil.  (23)